Thawaf

Pengertian Thawaf adalah mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali putaran yang dimulai dan berakhir di Hajar Aswad dengan posisi Ka'bah selalu berada di sisi kiri. Thawaf terdiri dari :

  1. Thawaf Qudum ; dilakukan saat pertama tiba di Makkah
  2. Thawaf Umrah ; dilakukan pada saat melaksanakan Umrah
  3. Thawaf ifadah ; dikerjakan sebagai bagian dari rukun haji
  4. Thawaf wada ; dilakukan saat akan meninggalkan Makkah 
  5. Thawaf Sunnah ; yang dilakukan setiap waktu dan tidak diikuti oleh sa'i

Syarat-syarat sahnya Thawaf adalah :

  1. Suci dari hadats dan najis
  2. Menutup aurat
  3. Tertib, yaitu memulai dari Hajar Aswad, menjadikan Ka'bah di sisi kiri dengan meluruskan bahu kiri ke Ka'bah
  4. Dilakukan 7 kali putaran.  Bila di pertengahan ragu-ragu akan jumlah putaran maka ambil yang lebih sedikit dan lanjutkan hingga 7 putaran.
  5. Ketika Thawaf harus berada di luar Ka'bah, tidak boleh menyentuh dinding Ka'bah, mencium Hajar Aswad atau masuk ke Hijir Ismail.
  6. Niat Thawaf untuk yang akan mengerjakan Thawaf sunnah atau Thawaf wada.

Sunnah Thawaf :

  1. Dilakukan tanpa alas kaki dan tanpa kendaraan
  2. Bagi laki-laki pada saat berihram membiarkan bahu kanannya terbuka
  3. Berlari-lari kecil diantara rukun Yamani dan Hajar Aswad pada 3 putaran awal
  4. Memegang Hajar Aswad dan menciumnya dari kejauhan dengan mengecup telapak tangan dan mengangkatnya ke arah Hajar Aswad (istilam)
  5. Selalu khusyu' dan merendahkan diri di hadapan Allah SWT
  6. Mambaca dizkir yang disunnahkan
  7. Berkesinambungan diantara setiap putaran
  8. Shalat sunnah Thawaf di dekat maqam Ibrahim setelah selesai 7 putaran

Do'a dan Dzikir pada saat Thawaf

Tidak ada bacaan khusus yang diharuskan pada saat Thawaf kecuali yang sunnahkan oleh Nabi SAW dalam hadits riwayat Abu Daud No.1892 yang juga diriwayatkan oleh Syafi'i serta dishahihkan oleh Al Albani, yaitu ketika beliau berada di antara rukun Yamani dan Hajjar Aswad membaca "Robbana aatina fid dunya hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qina adzaban naar", yang artinya, "Ya Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta selamatkanlah kami dari siksa api neraka". (Q.S Al Baqarah : 201).

Pada saat thawaf setiap jamaah bebas membaca Qur'an ataupun do'a dan dzikir yang dia suka selama bertujuan untuk mengingat Allah SWT.  Adapun dzikir yang lazim dibaca pada saat thawaf antara lain :

  • Pada saat menghadap Hajjar Aswad membaca "Bismillahi wallahu akbar. Allahuma iimanan bika watashdiiqan bikitaabikka wawafaa'an bi'ahdika wattibaa'an li sunnatin nabiyyi shalallahu 'alaihi wasalam". Artinya, "Dengan nama Allah, Allah yang Maha Besar. Ya Allah, demi keimanan kepada-Mu, dan membenarkan kitab suci-Mu, memenuhi janji dengan-Mu, dan mengikuti sunah Nabi-Mu Muhammad SAW".
  • Setelah mulai thawaf membaca, "Subhanallah, walhamdulillah, wa laa illaaha illallah, wallahu akbar, wala hawlaa walaa quwwata illaa billahil 'aliyil adhim, wasshalaatu wasalaamu 'alaa rasulullahi shalallahu 'alaihi wasallam".  Artinya, "Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, Allah Maha Besar, tidak ada daya dan kekuatan selain dengan kekuasaan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Shalawat dan salam kepada Rasulullah SAW. 
  • Setelah selesai thawaf kemudian menutup kedua pundaknya (bagi laki-laki) lalu menuju maqam ibrahim untuk shalat sunnah thawaf sambil membaca, "wattakhidzu mim maqaami ibraahima mushalla", yang artinya, "dan jadikanlah sebagian maqam ibrahim tempat shalat". (Q.S Al Baqarah : 125)

Sebelumnya : Ihram                                                                                                                          Berikutnya : Sa'i